Google Uji Coba Pengiriman Barang Pakai Drone, Mau Saingan Sama Amazon?



Melalui Google X, sejumlah inovasi ambisius google pun tercipta. Sebut saja mobil otomatis, kacamata pintar, hingga balon udara pemancar WiFi. Kini, Google memperkenalkan satu proyek baru yang bernama Project Wing. Sebuah teknologi pengantar barang dengan pesawat tanpa awak ataudrone.

Konsep ini pun sebenarnya pernah diwacanakan Amazon beberapa waktu kebelakang. Tapi sayang, drone versi Amazon dan Google berbeda. Jika Amazon mempersingkat waktu kirim barang, Google miliki tujuan sedikit mulia, yaitu demi daerah yang sulit dijangkau.

Project Wing akan menghadirkan solusi "antar barang via udara" di wilayah yang sukar diakses kendaraan darat. Belum lama ini sejumlah drone canggih Google sedang diujicoba di Australia. Ada yang unik daridrone tersebut.

Canggihnya lagi, Drone ini berbeda dari drone biasa, pesawat tanpa awak itu take-off secara vertikal dengan baling-baling menghadap ke atas. Setelah itu,drone bisa terbang horizontal dan baling-baling beralih menghadap ke muka.

Kemampuan terbang seperti diatas sama halnya dengan teknologi pesawat tempur "V-22 Osprey" yang di produksi Boeing. Meskipun memang sekilas terlihat sangat canggih dan mampu beroperasi dengan baik, para teknisi Google masih belum siap jika drone tersebut mulai dikomersilkan.

Sementara itu, di negeri Paman Sam, badan pengatur penerbangan AS (FAA) mengeluarkan larangan penggunaan drone di wilayah udara Amerika Serikat. Ini termasuk "pesawat mainan" serta "quadcpter". Sehingga, bila "proyek Amazon dan Google" berhasil 100%, maka mereka harus berhadapan dulu dengan regulasi ketat FAA, Dan ini tantangan tersendiri buat google untuk bisa meluncurkan niatnya tersebut. source : sidominews.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Google Uji Coba Pengiriman Barang Pakai Drone, Mau Saingan Sama Amazon?"

Posting Komentar