Bahaya Menahan Pipis Saat Mudik





Nahan pipis itu bahaya (foto:boldsky)



Nyaris semua masyarakat di kota-kota besar di Indonesia akan melakukan perjalanan mudik setiapkali Lebaran mendekat. Ada satu kebiasaan kurang baik yang kadang dilakukan pemudik secara tidak sadar.

Direktur Medis Rumah Sakit Mitra Keluarga Depok, Jawa Barat, Dr Sri Widiyaningsih, mengatakan bahwa banyak masalah kesehatannya yang mungkin dialami akibat perilaku pemudik itu sendiri, seperti salah satunya menahan buang air kecil. Maka dari itu, Dr Sri menyarankan untuk tidak menahan buang pipis saat meakukan perjalanan mudik.




"Jangan tunggu sampai kebelet pipis.. baru buang air kecil. Ada baiknya, usahakan setiap kali berhenti istirahat buang air kecil saja dulu demi untuk mengurangi risiko ISK (infeksi saluran kemih-red)," katanya kepada Okezone di Jakarta, belum lama ini.




Selain itu juga, ditambahkan Dr Sri, yang harus diperhatikan saat menempuh perjalanan mudik ialah pola makan yang kadang tidak teratur. Lantaran, biasanya pemudik menempuh perjalanan saat mereka masih dalam keadaan berpuasa.




"Maka dari itu, para pelaku mudik disarankan untuk tetap mengonsumsi makanan saat sahur dan saat berbuka seperti biasanya, jangan terlalu berlebihan," pungkasnya.

0 Response to "Bahaya Menahan Pipis Saat Mudik"

Posting Komentar