Tips Sehat: Makanan Pantangan Bagi Penderita Diabetes



Makanan Pantangan

Kunci utama agar penderita diabetes tetap sehat adalah mempertahankan tingkat gula dalam darah agar tidak melonjak dan berakibat fatal. Beberapa makanan manis seperti kue, permen, dan minuman berperasa manis dapat meningkatkan kadar gula darah penderita diabetes. Untuk itu penderita diabetes memang harus teliti dan selektif memilih makanan dan minuman yang akan dikonsumsi. Salah satu tips tetap sehat yang dapat dicoba adalah dengan menghindari beberapa jenis makanan yang menjadi makanan pantangan. Beberapa makanan pantangan tersebut diantaranya yaitu:

· Roti Putih

Roti putih dan nasi dapat menjadi bom bagi penderita diabetes. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan roti putih dan nasi dapat mengganggu tingkat gula dalam darah. Untuk itu bagi Anda penderita diabetes dianjurkan untuk menghidari roti putih dan menggantinya dengan roti yang diolah dari bahan biji-bijian.

· Buah yang Dikeringkan

Buah-buahan segar baik dikonsumsi karena kandungan mineral dan vitamin didalamnya. Buah-buahan segar pun tidak menyebabkan risiko berbahaya bagi penderita diabetes. Tetapi tidak dengan buah yang dikeringkan. Buah yang dikeringkan memang diketahui dapat meminimalisir kemungkinan konstipasi. Akan tetapi, perlu Anda ketahui bahwa buah yang dikeringkan seperti kismis dan aprikot dapat memicu melonjaknya gula dalam darah. Hal ini karena buah yang dikeringkan memiliki kandungan gula yang lebih banyak.

· Makanan Berminyak

Sejumlah makanan berminyak yang digoreng seperti kentang goreng dapat memicu meningkatnya gula dalam darah. Makanan yang digoreng pun dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular.

· Susu Lemak Jenuh

Susu adalah salah satu sumber gizi yang dibutuhkan tubuh. Akan tetapi, bagi penderita diabetes tidak boleh sembarangan mengonsumsi sembarang jenis susu. Susu dengan kandungan lemak jenuh diketahui dapat memicu meningkatnya risiko resistensi insulin. Selain itu, pengonsumsian susu lemak jenuh juga berpotensi meningkatnya penyakit jantung.

· Jus Buah

Jus buah menjadi salah satu minuman menyehatkan. Namun, jus buah yang diolah dengan tambahan gula kurang baik untuk penderita diabetes. Jus buah juga minim serat sehingga tidak dianjurkan untuk penderita diabetes.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Sehat: Makanan Pantangan Bagi Penderita Diabetes"

Posting Komentar