4 Tips Menjaga Kesehatan Khusus Penderita Diabetes



Tips Menjaga Kesehatan, Penderita diabetes harus selalu waspada supaya kadar gula dalam darah tidak melonjak. Mengupayakan kadar gula agar menjadi stabil pun wajib dilakukan. Seolah hal tersebut terdengar mustahil, tetapi bukan berarti tidak dapat diusahakan. Adapun yang terpenting Anda selalu rutin berkonsultasi dengan dokter dan memahami bagaimana tips menjaga kesehatan yang disarankan. Setidaknya ada 4 tips menjaga kesehatan khusus penderita diabetes. Keempat tips tersebut diantaranya yaitu:

1. Memilih Makanan Sehat

Tidak ada makanan khusus untuk penderita diabetes. Makanan yang dikonsumsi hampir sama dengan makanan yang dikonsumsi dengan non penderita diabetes. Meskipun demikian, ada beberapa makanan yang perlu dihindari seperti makanan tinggi lemak, tinggi gula, dan tinggi garam. Bagi Anda penderita diabetes utamakan untuk memilih makanan kaya serat seperti buah, sayur, dan kacang-kacangan. Makanan kaya serat penting untuk menjaga berat badan tetap stabil sehingga dapat mencegah komplikasi penyakit jantung. Selain itu, makanan tinggi serat juga dapat menjaga agar kadar glukosa tidak melonjak tinggi.

2. Rutin Berolahraga

Rutin berolahraga baik untuk penderita diabetes. Olahraga yang dilakukan cukup olahraga ringan seperti jalan kaki, bersepeda, berenang, dan aerobik. Olahraga dapat membantu kerja insulin tubuh. Lakukan olahraga secara rutin paling tidak sebanyak 3 kali dalam satu minggu. Tidak perlu lama-lama cukup lakukan olahraga selama 30 sampai 45 menit setiap kalinya.

3. Mengonsumsi Obat Secara Teratur

Ada beberapa jenis obat yang harus dikonsumsi secara teratur. Pastikan Anda tidak lupa mengonsumsi obat Anda setiap hari. Jika Anda menggunaan insulin, ingat untuk menggunakannya sebelum Anda makan. Insulin pun menjadi salah satu obat yang harus disuntikkan. Pastikan Anda memahami benar cara menyuntikkan insulin dalam tubuh.

4. Selalu Cek Kadar Gula Darah

Selalu cek kadar gula darah menjadi cara terbaik mengetahui seberapa baik Anda mengontrol kadar gula darah. Usahakan untuk mencatat setiap kali Anda melakukan cek kadar gula darah. Catatan Anda pun akan lebih lengkap bila disertai dengan daftar menu makanan yang Anda konsumsi, jenis olahraga yang Anda lakukan, dan perkembangan yang Anda rasakan. Hal ini dapat membantu memudahkan menstabilkan kadar gula dalam darah. image source: infokesehatandankecantikan

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4 Tips Menjaga Kesehatan Khusus Penderita Diabetes"

Posting Komentar