Tips Menurunkan Kadar Kolesterol Tinggi Dalam Tubuh



Mengenal Kolesterol

Kolesterol merupakan sejenis senyawa dengan tekstur lembek yang terdapat diantara lemak dalam darah dan sel tubuh. Kolesterol terbagi menjadi kolesteol baik HDL dan kolesterol jahat LDL. Selain itu, ada pula trigliserida. Pada umumnya kadar trigliserida yang tinggi dibarengi dengan tingginya kadar LDL. Kolesterol dapat dihasilkan dari dalam tubuh dan luar tubuh. Makanan telur dan daging dapat menjadi sumber kolesterol dari luar. Asalkan jumlah masukan makanan berkolesterol masih seimbang, tubuh Anda akan tetap sehat. Hanya saja tidak dipungkiri makanan berkolesterol sulit dihindari. Kondisi tersebut pun semakin diperparah dengan pola makan yang tidak teratur. Alhasil penderita kolesterol pun terus bertambah.

Makanan Pantangan dan Menu Sehat

Para penderita kolesterol biasanya akan mengalami beberapa gejala khusus. Sejumlah gejala yang umum dirasakan yaitu seperti migrain, tengkuk leher terasa pegal, nyeri di persendian, dan kesemutan. Bila Anda mendapati beberapa gejala tersebut sudah pasti Anda harus berupaya menurunkan kadar kolesterol agar kembali normal. Salah satu tips terbaik menurunkan kadar kolesterol tinggi adalah dengan membatasi pengonsumsian makanan berlemak jenuh dan makanan yang berasal dari sumber hewani. Makanan gorengan, daging merah, otak sapi, kepiting, udang, kuning telur, dan susu berlemak tinggi serta olahannya pun menjadi makanan pantangan yang wajib dihindari.

Menjauhi makanan pantangan dan mengontrol menu makan sehat secara teliti menjadi tips menurunkan kadar kolesterol paling mudah dan paling efektif. Khasiatnya bisa dipastikan berjangka panjang. Adapun makanan sehat yang disarankan dikonsumsi penderita kolesterol diantaranya yaitu sereal, biji-bijian, susu skim, daging rendah lemak, buah, dan sayur segar. Sejumlah makanan berserat tinggi juga sangat dianjurkan. Perlu Anda ketahui bahwa makanan berserat mampu membantu mengikat kolesterol dalam tubuh dan membawanya keluar dari tubuh. Dengan demikian serat dapat membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi. Selain itu, penderita kolesterol tinggi disarankan untuk berolahraga secara teratur. Jenis olahraga yang paling cocok untuk penderita kolesterol adalah olahraga seperti jogging dan treadmill. Lakukan olahraga secara rutin sebanyak 3 sampai 5 kali dalam seminggu. Sekian dan semoga bermanfaat.

0 Response to "Tips Menurunkan Kadar Kolesterol Tinggi Dalam Tubuh"

Posting Komentar